Kami adalah

kami adalah pengabdi pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Senin, 29 Juni 2009

Indahnya Masa Kecil, makan rame-rame

Saat jam istirahat tiba yang ditandai dengan suara bunyi bel elektronik, anak-anak pada umumnya bergegas menuju ruang kantin. Berdesak-desakan itu pasti. Ramainya bukan main untuk urusan yang tidak dapat ditunda-tunda yaitu perut keroncongan dan dahaga. Merekapun makan rame-rame-bareng-bareng dengan asyiknya, tentunya bersama teman dan sahabat terdekatnya.

Pertanyaan yang menggelitik penulis :
  1. Sudahkah mereka memiliki kesadaran diri untuk menjaga kesehatan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan ?
  2. Sudahkan mereka memiliki kesadaran diri untuk mensyukuri nikmat/rejeki dengan berdoa sebelum dan sesudah makan ?
  3. Sudahkan mereka memiliki kesadaran diri untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya ?
  4. Sudahkan mereka memiliki kesadaran diri tentang etika dengan membayar dengan tangan kanan, ucapan terima kasih pada penjual, makan tidak bersuara, tidak tergesa-gesa dsb.
  5. Sudahkan mereka memiliki kesadaran diri tentang manfaat hidup sederhana, berhemat sejak kecil dengan sekali waktu membawa makanan buatan mamanya sendiri dan tidak terbiasa dengan minum-minuman kaleng seperti Fanta, Sprite, Coca cola.

Proses pembelajaran tidak hanya di dalam kelas. Di lingkungan sekolahpun merupakan bagian dari proses pembelajaran yang bersangkut paut dengan budi pekerti, pengembangan kepribadian, dan etika moral yang memang harus dibiasakan, dibina dari semenjak kecil ( Tk dan SD ).

Dari:Team Inspirator untuk semangat kemajuan.

Tidak ada komentar: