Kami adalah

kami adalah pengabdi pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Minggu, 28 Juni 2009

Begini seharusnya anak-anak YPK


Saya membayangkan bagaimana dapat membuat siswa-siswa kita dari mulai TK dan SD kelas rendah sudah mulai MANIAK buku, senang membaca, keranjingan pinjem buku, haus dengan bacaan-bacaan baru, ilmu-ilmu baru.
Apa yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam hal ini, khususnya layanan perpustakaannya. Apakah di tahun pelajaran baru nanti program-program sekolah belum menemukan inovasi yang baru ? Ataukah karena kita sudah malas untuk memikirkan hal-hal yang baru melangkah -menatap menuju perubangan yang mengarah kepada kemajuan lembaga.
Ini sebagian masukan penulis untuk program perpustakaan lembaga :
1. Adakan perlombaan setiap bulan dengan kriteria peminjam terbanyak /terajin mendapatkan hadiah buku yang menarik. Anggarannya dari mana ? Khan ada anggaran perpustakaan yang berasal dari sumbangan dari orangtua siswa pada saat daftar ulang yang besaranya sekitar Rp. 100.000.
2. Pelayanan perpustakaan di tingkatkan : keramahan petugasnya,bagaimana anak-anak merasa kerasak, nyaman lama-lama di ruang perpustkaan( sekali waktu ada kejutan diberi minuman gratis, permen, hadiah kejutan bagi siswa yang tertib dsb).
3. Adakah perlombaan di sekolah setiap akhir semester: misalnya lomba yang berhubungan dengan bulan bahasa, majalah dinding dsb yang dilakukan terintegrasi dengan program sekolah.
4. Buat Pojok pustakan di ruangan yang strategis, misalnya ruang lobi tempat dimana orangtua murid biasa menunggu putra-putrinya di sekolah.
5. Koran atau majalah sebaiknya sebagian juga diletaknya di ruang guru, agar guru-guru mudah untuk membacanya.
Dari:Team Inspirator

Tidak ada komentar: