Kami adalah

kami adalah pengabdi pendidikan, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Selasa, 05 Mei 2009

ASPIRASI UNTUK PARA KEPALA SEKOLAH T K SE BONTANG

INSPIRASI BERSAMA untuk para Kepala Sekolah TK.

Menyambut tahun pelajaran baru 2009-2010 yang lebih maju dan berkualitas, perlu adanya program-program baru yang mengarah pada peningkatan pelayanan dan mutu sekolah. Dengan pelayanan dan program yang bermutu diharapkan kepercayaan para orangtua semakin meningkat untuk menitipkan (menyekolahkan) putar-putrinya di TK favoritnya.

Ini merupakan sebagian program yang saya usulkan untuk sekolah T K se Bontang :
1. Orientasi sekolah sambungan bagi siswa TK B ke SD (kunjungan sekolah ke SD ).
2. Pertemuan orangtua siswa baru TK A mampu untuk meyakinkan para orangtua tentang pilihan sekolah favoritnya ( materi seminarnya dari Pak Masruri dapat diterapkan di sini ) tentang penjaminan out put siswa TK , yang diantaranya bisa/mampu baca tulis dengan lancar sebelum masuk SD.
3. Program khusus bagi semua siswa (kelas computer, kelas bahasa Inggris, kelas sempoa, kelas matemagic/aritmatika, kelas Calistung, kelas spiritual dsb.)
4. Di TK B pada semester 2, yaitu 2 bulan sebelum kelulusan mengadakan program khusus pemantapan kesiapan masuk SD dengan memberikan materi-materi minggu pertama dan kedua di SD. Jangan takut memberikan pelajaran Calistung di TK B selama tidak dipaksakan.
5. Mengadakan pertemuan dengan para guru SD kelas 1 untuk mencari- menggali masukan dan solusi yang dihadapi oleh siswa-siswa kelas 1 yang lambat dalam membaca dan menulis permulaan, sehingga mengakibatkan siswa tidak naik kelas.
6. Mengadakan pertemuan dengan para orangtua TK B yang putra-putrinya masih lambat kemampuan membaca dan menulisnya, dan memberikan pelatihan metode membaca dan menulis permulaan dengan teknik yang sama antara sekolah dan orangtua.
7. Bekerja sama dengan ETC dan YUM untuk mengembangkan pembelajaran sempoa, bahasa Inggris, dan matemagicnya.
8. Memberikan layanan konsultasi perkembangan/prestasi siswa di sekolah bekerja sama dengan psikolog yang ada di lembaga ini ( kalau memang ada psikolognya).
9. Program pengembangan potensi kecerdasan majemuk (multiple intelligence) dilakukan setiap hari jum,at melalui kegiatan aneka lomba yang melibatkan para orangtua siswa.


Kalau di SD kelas VI dan SMP kelas 3 , sekolah berani menjamin siswa lulus seratus persen ( 100 % ), mengapa di TK B belum berani menjamin siswa dapat membaca dan menulis permulaan dengan lancar ? Kalau di TK alam tetangga bangga dengan program Out Bondnya, mengapa kita tidak mencoba program baru ala Time ZONE nya Ramayana dengan memberdayakan para orangtu aktif didalamnya melalui kegiatan aneka lomba di setiap hari Jum’atnya

Terima kasih, untuk yang sempat membacanya.
Selamat Beraktifitas.
Dari: Pak Supri (mantan guru TK)

Tidak ada komentar: